Saturday, February 18, 2017

Umbul Tirtomulyani dan Umbul Tirtomulyono

Jika pada tulisan terdahulu saya membahas tentang umbul brintik, maka kali ini saya akan membahas dua umbul lagi yang letaknya tidak jauh dari umbul brintik. Kedua umbul tersebut adalah Umbul Tirtomulyani dan Umbul Tirtomulyono. Kedua umbul tersebut letaknya terpisah tidak sampai satu kilometer. Keduanya terletak di Pluneng, kecamatan Kebonarum Klaten.

letak umbul tirtomulyani dan umbul tirtomulyono
letak umbul tirtomulyani dan umbul tirtomulyono

Umbul Tirtomulyani terletak di sebaleh timur dan berada di tengah permumahan yang padat. Umbul Tirtomulyani ukurannya lebih kecil dari pada Umbul Tirtomulyono. Umbul Tirtomultyani terbagi dari dua kolam, kolam dibelakang arca lebih luas dan lebih dalam, sedangkan di sebelah depan arca lebih sempit dan lebih dangkal. Dari foto-foto jaman dulu ternyata umbul tersebut tidak ada temboknya tinggi seperti sekarang. Penulis sendiri tidak tau kapan pembangunan tembol tersebut dilakukan. Ketika saya kesana sebenarnya ada tulisan kalau pengunjung masuk harus bayar tiket 2 ribu kalau tidak salah. Akan tetapi saya tidak menemukan harus bayar sama siapa sehingga saya pun masuk gratis. Saya sebenarnya pinginnya mandinya di bagian depan saja karena lebih dangkal tapi karena temannya mandi nenek-nenek maka akhirnya saya batal mandi disitu. Coba saja kalau teman mandinya anak-anak pasti lebih semangat.

foto Umbul Tittomulyani jaman dulu didapat dari internet

foto umbul Tirtomulyani ketika penulis datang kesana


Tidak seperti Umbul Tiirtomulyani yang sempit, Umbul Tirtomulyono jauh lebih luas dan juga dikelola dengan lebih baik. Di Umbul Tirtomulyani pada saat penulis kesana masuknya bayar 5 ribu dan ada yang jaga. Tempat parkirnya juga dikelola oleh warga sekitar dengan baik. Di dalam Umbul Tirtomulyono juga terdapat beberapa kamar ganti dan juga mushola. Selain kolam yang di dalam di bagian luar juga terdapat kolam kecil juga yang ramai dengan anak-anak mandi. Sayang karena keburu hujan saya tidak jadi mandi bersama anak-anak di kolam sebelah luar. Mau ambil gambar kolamnya saja jadi lupa.

bagian dalam umbul tirtomulyani. ada spanduknya dari kepolisian juga. jangan melakukan kekerasan seksual terhadap anak ya. harus bisa jaga diri.







No comments:

Post a Comment