Friday, April 14, 2017

Umbul Kendat dan Umbul Planangan

Tidak jauh dari pemandian Pengging, ternyata ada dua umbul lagi yang letaknya tersembunyi. Letak kedua umbul tersebut sekitar satu kilometer sebelah selatan pemandian pengging. Jika dari arah Jatinom, sebelum sampai di pasar pengging ada perempatan kemudian belok kanan. Papan petunjuk wisata sudah ada sehingga kemungkinan tersesat kecil.

  • Umbul Kendat
Umbul Kendat merupakan salah satu situs Hindu di Boyolali. Letaknya tersembunyi sehingga untuk mencapainya harus berjalan lumayan jauh dari tempat parkir. Di bagian depan ada kolam kecil yang biasa dipakai mandi warga sekitar. Sebelah belakangnya lagi terdapat kolam yang cukup luas, dan paling belakang sendiri dekat musholla terdapat kolam kecil yang biasa dipakai berenang anak-anak.

Pengunjung pada hari minggu cukup ramai. Pada saat kesana di tempat parkir terdapat beberapa sepeda motor dan sebuah mobil. Ada juga anak-anak sekitar yang membawa sepeda.

umbul kendat
jalan menuju umbul kendat. terlihat tembok pembatas kolam paling depan yang biasa dipakai mandi warga sekitar

umbul kendat
kolam terbesar umbul kendat. cukup luas untuk berenang

umbul kendat
kolam paling belakang dekat musholla. banyak anak-anak sekitar yang bermain air di sana

  • Umbul Planangan
Umbul Planangan letaknya satu gang sebelum masuk gang menuju umbul kendat. Posisi Umbul Planangan berapa di ujung gang buntu. Umbul ini sepi. Disana cuma ada dua orang anak perempuan yang baru selesai mandi.

umbul planangan
anak habis mandi di umbul planangan

No comments:

Post a Comment